2 Desa di Kabupaten Brebes menjadi Percontohan PATBM - DESA CENANG

CENANG NEWS

Post Top Ad

header ads

Minggu, 13 Agustus 2017

2 Desa di Kabupaten Brebes menjadi Percontohan PATBM

Ds. Cenang menjadi percontohan PATBM 
Brebes ( www.desacenang.id ) – Desa Cenang Kecamatan Songgom dan Desa Wlahar Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes ditetapkan sebagai desa percontohan program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dan Forum Pendamping Anak (FPA) Kabupaten Brebes.
Asisten Deputi Perlindungan Anak dari kekerasan dan exsploitasi Kementrian PPPA, Rini Handayani menyampaikan, ditunjuknya 2 desa tersebut, karena komitmen dari Kepala Desa tersebut yang siap menerima program PATBM.
“Kepala Desa Cenang dan Wlahar ketika didatangi oleh tim fasilitator PATBM Kabupaten Brebes, yang terdiri dari FPA dan BKBPP Brebes, serta dari fasilitator PATBM Provinsi menyatakan siap untuk dijadikan desa percontohan program tersebut. Selain itu, didukung pula oleh para aktivis desa, yang siap membantu mewujudkan desanya menjadi desa PATBM,” Ujar Rini.
Sedangkan menurut Erry Pratama Putra, selaku fasilitator Provinsi, PATBM di Kabupaten Brebes merupakan pengembangan dari 2 Kabupaten yang sedang berjalan.
“PATBM di Jawa Tengah ada 2 Kabupaten yang menjadi intervensi, yaitu Kabupaten Rembang dan Kabupaten Kebumen, kemudian dari Kementrian PPPA melakukan pengembangan ke Kabupaten Brebes,” terangnya.
Masih menurut Erry, dua desa yang dikunjungi bersama tim tersebut, patut diapresiasi karena komitmen kepala desa sangat bagus. “Komitmen kepala desa, sangat mendukung kekuatan aktivis perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat ini,” tandasnya.
Gandeng FPA KAB. BREBES
PATBM adalah sebuah jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja, secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak. PATBM merupakan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan, dengan membangun kesadaran masyarakat agar tejadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku yang memberikan perlindungan kepada anak.
Ketua Forum Pendamping Anak (FPA) Kabupaten Brebes yang diwakili oleh Akmari, merasa senang atas kepercayaan dari Kementrian PPPA yang menjadikan FPA Brebes mitra kementrian PPPA dalam program PATBM.
“Tentunya kami merasa senang, karena FPA ditunjuk sebagai mitra oleh kementrian PPPA dalam program PATBM di dua desa yang nantinya diharapkan menjadi desa yang ramah anak serta menjadi desa percontohan PATBM di Kabupaten Brebes,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala desa yang telah dikunjungi oleh tim fasilitator menyatakan dirinya siap untuk mewujudkan desanya menjadi desa percontohan PATBM dan desa ramah anak (AA).

Sumber :
http://cbmnews.net/2-desa-di-kabupaten-brebes-menjadi-percontohan-patbm/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

header ads