KELUARGA BERENCANA CIPTAKAN GENERASI BERKUALITAS - DESA CENANG

CENANG NEWS

Post Top Ad

header ads

Jumat, 29 Desember 2017

KELUARGA BERENCANA CIPTAKAN GENERASI BERKUALITAS

Foto.JN

Cenang (desacenang.id) – Pertambahan penduduk dunia semakin meningkat setiap harinya. Tidak terkecuali  di Kabupaten Brebes. Kabupaten Brebes menduduki peringkat pertama dalam hal jumlah penduduk se- Provinsi Jawa Tengah. Untuk menekan laju pertumbuhan penduduk tersebut, Pemerintah melakukan berbagai upaya pengurangan, salah satunya melalui Program Keluarga Berencana. Maka dari itu, Badan Kependudukan dan Keluarga berencana Nasional (BKKBN)  Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak,Pengedalian Penduduk,dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes dan Pemerintah Desa Cenang menggelar acara “Integrasi Kampung KB Bersama Mitra Kerja 2017” di halaman Kantor Kepala Desa Cenang, Kecamatan Songgom-Brebes,  guna mengingatkan kembali kepada masyrakat pentingnya Program Keluarga Berencana (Jum’at, 29/12/2017).

Kepala Bidang Keluarga Berencana DP3KB Kabupaten Brebes Dra. Farikha mengatakan salah satu faktor bertambahnya penduduk di Kabupaten Brebes adalah banyaknya penduduk yang menikah muda.

“ Kabupaten Brebes mendapat peringkat ke-3 sebagai Kabupaten yang penduduknya banyak menikah di usia muda. Dampaknya, setiap hari ada 80 bayi lahir di Brebes. Tidak hanya itu, banyak juga ibu meninggal saat melahirkan karena usianya yang belum matang. Ini lah pentingnya sebuah perencanaan dalam membangun keluarga. Tidak hanya siap dalam hal fisik, namun kesiapan mental sangatlah diperlukan demi menciptakan generasi yang berkualitas, paparnya”.
Farikha menambahkan dengan bertambahnya penduduk maka masalah yang lain akan bermunculan, seperti kesehatan, kemiskinan, pendidikan, sampah, dan lain-lain. Melalui program Keluarga Berencana inilah diharapkan tercipta keluarga yang bahagia sesuai slogannya yaitu ‘Dua Anak Cukup, Hidup Bahagia Sejahtera, Laki-laki dan Perempuan Jangan dibedakan’.
Sementara itu perwakilan dari BKKBN Provinsi Jawa Tengah Edi Sukoco,SH menjelaskan salah satu Program Pembangunan Keluarga yaitu adanya Program Generasi Berencana. Program ini menyiapkan remaja dalam menghadapi kehidupan berkeluarga.

“Sebelum membangun keluarga , manusianya perlu dipersiapkan secara matang baik fisik maupun mental. Program Generasi Berencana memberikan pengetahuan kepada remaja khususnya untuk merencanakn pernikahan sehingga terciptalah Generasi Emas. Adapun syarat generasi emas adalah berpendidikan tinggi, menikah secara terencana, memiliki pola hidup sehat, dan bermasyarakat.  Jika tercipta generasi emas maka pembangunan di segala sektor baik pusat maupun daerah akan maju, ungkapnya”. 

Tidak hanya pemberian materi oleh narasumber, di akhir acara panitia membagikan doorprice kepada masyrakat Cenang. Bagi yang beruntung mendapat powerbank, handphone, dan sepeda gunung. Masyarakat tidak hanya pulang membawa ilmu tapi hadiah juga.(JN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

header ads