Siswa MTs RU Cenang Praktek Pemanfaatan Bioteknologi Pangan - DESA CENANG

CENANG NEWS

Post Top Ad

header ads

Senin, 19 Maret 2018

Siswa MTs RU Cenang Praktek Pemanfaatan Bioteknologi Pangan

Foto : JN
Cenang (desacenang.id) – Bioteknologi Pangan adalah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan berbagai jenis mikroba atau mikroorganisme yang menguntungkan yang bertujuan untuk menghasilkan produk bahan pangan manusia, dengan memanfaatkan mikroorganisme untuk melakukan pengelolaan makanan dengan mengubah bahan makanan menjadi bentuk lain. 

Mikroorganisme merupakan organisme yang berukuran sangat kecil misalnya bakteri, dalam bioteknologi pangan ini bakterinya bersifat menguntungkan, seperti yang tedapat pada ragi, hal tersebut dijelaskan oleh Nur Apriyani sembari menemani anak didiknya melakukan praktek pembuatan tape singkong dengan memanfaatkan Bioteknologi pangan di ruang kelas 9 MTs. Riyadlotul ‘Uqul Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes (Senin, 19/03/2018).

Masih menurut Apriyani, kegiatan tersebut bertujuan supaya anak-anak tidak hanya paham tentang materinya saja tetapi melatih keterampilan bagaimana cara membuat tape singkong. “Sesuai dengan materi pelajaran IPA kelas 9 semester 2 tentang pemanfaatan bioteknologi pangan, salah satunya tape singkong” katanya. 

Saya ingin mengajak anak-anak lebih memahami bagaimana cara membuat tape singkong, karena selama ini mereka hanya tahu cara makannya saja tidak tahu bagaimana proses membuat tape singkong. “ Singkong dipilih karena mayoritas penduduk Cenang adalah petani dan pastinya murah sehingga tidak membebani anak-anak”, tambah Apriyani.

Anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok, mereka sudah menyiapkan singkong yang telah direbus dari rumah dan memanfaatklan juga ragi sebagai bahan tambahan dalam proses tersebut. Ragi yang telah dihaluskan kemudian dicampurkan dengan singkong dan disimpan dalam wadah tertutup selama 24 jam. “ Ragi inilah yang mengandung mikroorganisme baik yang mengubah singkong menjadi tape, mereka diberi waktu 30 menit untuk melakukan praktek” tegasnya.

Salah satu siswi Sinta Ameliyah mengungkapkan dirinya baru tahu cara membuat tape singkong, saya sangat senang mengerjakan praktek ini dengan teman-teman, “ selama ini saya tidak tahu cara membuat tape singkong dan dengan praktek seperti ini, saya lebih paham mengenai materi bioteknologi pangan “ ungkapnya.

Saya dan teman-teman tidak sabar menunggu hasil kreasi kami, “ semoga saja tape singkongnya enak dan dapat nilai bagus ”, tegasnya dengan sumringah. (JN/Azam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

header ads